LIDI EMAS, INOVASI TERBARU UNTUK MASYARAKAT KOTA MOJOKERTO

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto menciptakan sebuah inovasi baru di bidang kearsipan. Inovasi yang diberi nama Lidi Emas, yang merupakan akronim dari Alih Media Arsip Masyarakat, salah satu trobosan terbaru DInas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto untuk memberikan pelayanan dan edukasi terhadap arsip kepada masyarakat. Inovasi Lidi Emas menyasar arsip-arsip pribadi yang diimiliki oleh masyarakat Kota Mojokerto yang masih berbentuk tekstual untuk dapat dilakukan alih media kedalam bentuk digital.

Inovasi Lidi Emas di launching  pada tanggal 20 Maret 2024 oleh Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto. Dalam kegiatan launching tersebut sekaligus melayani sebanyak 30 orang  untuk melakukan alih media arsip yang bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto. “Alih media ini sebagai upaya mengurangi resiko kerusakan pada arsip pribadi” , kata Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (ABD. Rachman Tuwo, MN. S.Sos., MM). Selain melakukan alih media arsip, dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilakukan pemaparan terkait pengelolaan arsip yang baik dan benar untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari. Sehingga selain memberikan pelayanan publik juga menjadi sarana edukasi dalam upaya meningkatkan gerakan sadar arsip.

Teknik pelaksanaan kegiatan LIDI EMAS yaitu melakukan pemindaian atau scan dokumen tekstual ke bentuk digital.  Sasaran untuk arsip yang dilakukan scan yaitu jenis arsip keluarga seperti KK, KTP, BPKB, Buku nikah, STNK, IJAZAH dan dokumen lainnya. Tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya penyelamatan dan perlindungan arsip dari kerusakan fisik maupun informasinya. Pada dasarnya arsip pribadi masyarakat merupakan arsip vital yang apabila arsip itu rusak atau hilang tidak dapat diperbaharui dan digantikan kembali sehingga ini menjadi perhatian khusus dalam pengelolaan arsip masyarakat di Kota Mojokerto. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto berharap inovasi terbaru ini dapatnya meningkatkan wawasan dan mengenalkan kepada Masyarakat akan pentingnya arsip.

 

Penulis:

Gladis Tri Kumala Devi, A.Md

Arsiparis Terampil/Pelaksana

Related