PELATIHAN MENULIS DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MOJOKERTO SUKSES DIGELAR

Mojokerto, 13 Juni 2024 - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto menggelar pelatihan menulis yang sukses dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Juni 2024. Bertempat di ruang pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto, acara ini dihadiri oleh 26 peserta yang terdiri dari para guru SD/MI dan SMP/MTs se-Kota Mojokerto.

Pelatihan bertema 1 Guru 1 Buku: Mengubah Penelitian Menjadi Karya Ber-ISBN ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis para guru, sehingga dapat menularkan kemampuan tersebut kepada siswa-siswi di sekolah masing-masing. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong minat baca dan tulis di kalangan pelajar, serta meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Mojokerto.

Acara dibuka dengan sambutan dari Plt. Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto, yang menekankan pentingnya literasi dalam pendidikan. "Kemampuan menulis adalah salah satu keterampilan dasar yang sangat penting bagi guru. Dengan pelatihan ini, kami berharap para guru dapat lebih kompeten dalam menulis dan mengajarkannya kepada siswa-siswi mereka," ujarnya.

Selama pelatihan, para peserta mendapatkan berbagai materi tentang teknik penulisan yang efektif, termasuk cara menyusun artikel, esai, dan karya tulis ilmiah. Para peserta juga diajak untuk melakukan praktek menulis dan menerima umpan balik dari narasumber yang berpengalaman di bidang literasi, yaitu Cucu Hayati, S.T., M.Sc, seorang dosen dari STIE Mahardika Surabaya.

Salah satu peserta, Ibu Siti, menyatakan antusiasmenya setelah mengikuti pelatihan ini. "Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami para guru. Kami mendapatkan banyak ilmu baru yang dapat kami terapkan di sekolah. Semoga kegiatan seperti ini terus diadakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Mojokerto," tuturnya.

Pelatihan menulis ini merupakan bagian dari program literasi yang dicanangkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto, dengan harapan dapat menciptakan generasi muda yang cerdas dan kreatif melalui peningkatan budaya literasi.

Dengan berakhirnya pelatihan ini, diharapkan para guru dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga dapat menumbuhkan minat dan bakat menulis di kalangan siswa.

Ditulis oleh:

Cecilia Anantria C.K, S.IIP

Ahli Pertama – Pustakawan

Related