TERTIB ARSIP DI LINGKUNGAN KECAMATAN, KELURAHAN DAN SMPN KOTA MOJOKERTO

Mojokerto, 19 Juni 2024 - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknik Pengelolaan Arsip Dinamis di lingkungan Kecamatan, Kelurahan dan SMPN Kota Mojokerto Pada tanggal 19 Juni 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan kearsipan dalam komitmen gerakan nasional sadar tertib arsip dilingkungan Pemerintah Kota Mojokerto. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto sebagai instansi pembina kearsipan untuk mewujudkan tertib penyelanggaraan kearsipan dilingkungan Pemerintah Kota Mojokerto.

Rangkaian Kegaiatan bimbingan Teknik pengelolaan arsip dinamis dilakukan pemaparan terkait pengelolaan arsip dinamis pada unit kerja yang sesuai dengan standart prosedur kearsipan. Selain pemaparan materi, diberikan juga praktik pemberkasan arsip aktif dengan penggunaan sarana kearsipan yang sesuai. Sehingga selain ilmu pengetahuan peserta bimtek juga dapat langsung praktik mengimplentasikan materi yang telah diterima.

Dalam kegiatan bimbingan teknik tersebut sekaligus sosialisasi sosialisasi instruman Lomba Tertib Arsip dilingkungan Kecamatan, Kelurahan dan SMPN Kota Mojokerto yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus. “Lomba Tertib arsip ini sebagai upaya meningkatkan sadar tertib arsip pada unit kerja” , kata Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan, Moch. Misbah. SKM, M. MKes.  Lomba tertib arsip ini menyasar tiga kecamatan, delapan belas kelurahan serta 9 SMPN di Kota Mojokerto, yang masing-masing mempunyai kriteria penilaian yang berbeda sesuai dengan alur pengelolaan arsip dilingkungannya.

Tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya peningkatan terwujudnya tertib arsip, sehingga menjamin keauntentikan terciptanya arsip serta penyelamatan arsip baik fisik maupun informasinya. Pada dasarnya arsip yang tercipta pada unit kerja dilingkungan Pemerintah Kota Mojokerto merupakan arsip dinamis dimana menjadi pengelolaan arsip dinamis menjadi tanggung jawab masing-masing unit kerja. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini menambah kesadaran unit kerja dalam pentingnya arsip.

 

Ditulis oleh:

Gladis Kumala Tri Devi, A.Md

Arsiparis Terampil

Related